Senin, 05 November 2012

Apa Itu Internet

Pengertian internet
internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubunh satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audeo, video, dan lainnya.

internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jeni, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti tepone, satelit dan lainnya. Dalam mengatur intergrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP.TCP (Transnission Control Pritocol) bertugas unyuk memastikan bahwa semua hubungan berkerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentrnsmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah anda ISP biasa di sebut penyelenggara jasa internet.

Manfaat Internet Secara Umum
Manfaat internet semakin sangat terasa bagi para pemakainnya yang tidak bisa lepas dari dunia internet ini. Seperti misalnya para ingternet marketing, narablog, blogger, dan juga sekarang toko online semakin mempunyai tempat dimata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu. Konsumen tidak perlu repot lagi untuk memperoleh suatu barang. Bisa sekedar mencari tambahan informasi seputar barang yang diinginkan atau bahkan sekaligus memesan, membayar dan menyelesaikan semua transaksi, dan selanjutnya tinggal menunggu barang datang diantar sesuai  alamat yang kita minta.

Manfaat internet yang bisa kita ambil, terutama untuk kalangan muda, ada negatif dan positifnya.

Danpak Negatif Internet

Situs Mesum, tidak sekedar hanya membuka situs mesum yang sangat bisa merusak moral generasi muda bahkan tua. Pelaku yang tidak bertanggung jawabsangat bisa dan sangat mudah untuk sekaligus menjadi pelakunya, dengan mengunggah atau mengapload foto atau video mesum melalui internet.
Game online, permainan game memang bisa membuat hanyut para penggemarnya. Apalagi geme online yang bisa berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh belahan dunia. Sangat mengasyikan sekaligus membuat kecanduan, menjadi ''lupa daratan tidak ingat lautan'', lupa waktu, lupa kesehatan, boros biaya (terutama bagi pelajar) dan lebih jauhnya lagi, game online bisa menjadi sarana perjudian.
Media Sosial 
Media sosial atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Frienster juga seperti game online, bisa membuat kecanduan dan lupa, seperti jejaring sosial Facebook sudah banyak menelan korban kejahatan dengan berbagai cara yang dilakukan pekunya untuk menjerat korbannya.

Dampak Positif Internet

Menambah Wawasan dan Pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Bagi para pelajar juga sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju.
Mendapatkan Banyak Ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus dimasa depan. melepaskan pola pikir yang terkurung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan -kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi opemacu dan semangat belajar dan berusaha.
Sarana Komunikasi Semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas, tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handpone. Tentu sja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mingkin dilakukan di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat.


Sumber: http://putriagustakd.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar